Sasaran dan strategi pencapaian tercantum dalam renstra fakultas dan program studi tahun 2016-2021
Tujuan 1 : Meningkatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.
asaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
|
- Meningkatkan kualitas proses penilaian melalui standardisasi penilaian |
- Menerapkan Penilaian Acuan Patokan - Mengikutsertakan nilai MDE, PAQ dan OSCE sebagai komponen penilaian. |
IPK rata-rata tahap akademik |
3,10 |
3,20 | 3,30 | 3,40 | 3,45 | 3,50 |
IPK rata-rata tahap profesi | 3,60 | 3,65 | 3,70 | 3,75 | 3,80 | 3,85 | |||
Persentase IPK tahap akademik 2,75 – 3,00 3,01 – 3,50 3,51 – 4,00 |
30% 50% 20% |
30% 40% 30% |
30% 30% 40% |
25% 30% 45% |
20% 30% 50% |
15% 30% 55% |
|||
Persentase IPK tahap profesi 2,75 – 3,00 3,01 – 3,50 3,51 – 4,00 |
10% 20% 70% |
10% 15% 75% |
10% 10% 80% |
10% 10% 80% |
10% 10% 80% |
10% 10% 80% |
Tujuan 2 : Meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa dalam uji kompetensi ners Indonesia (UKNI).
Sasaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
|
- Meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) |
- Merevisi soal ujian tiap mata kuliah sesuai dengan standar soal UKNI. - Memberikan bimbingan intensif kepada mahasiswa sebelum mengikuti UKNI. - Memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti try-out UKNI. - Memberikan bimbingan khusus kepada mahasiswa yang tidak lulus UKNI. |
Persentase kelulusan dalam UKNI | 70% | 75% | 80% | 85% | 90% | 95% |
Tujuan 3: Meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa dalam uji kompetensi diploma 3 Indonesia.
Sasaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
|
- Meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa dalam uji kompetensi diploma 3 |
- Merevisi soal ujian tiap mata kuliah sesuai dengan standar soal uji kompetensi diploma 3. - Memberikan bimbingan intensif kepada mahasiswa sebelum mengikuti uji kompetensi diploma 3. - Memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti try-out uji kompetensi diploma3. - Memberikan bimbingan khusus kepada mahasiswa yang tidak lulus uji kompetensi diploma 3 |
Persentase kelulusan dalam uji kompetensi diploma3 | 60% | 70% | 80% | 85% | 90% | 95% |
Tujuan 4: Menyesuaikan dan menggembangan kurikulum didasarkan pada kurikulum sebelumnya melalui proses evaluasi diri, tracer studi, IPTEK, dan kebutuhan stakeholders.
Sasaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||||||||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||||||||||
|
- Menyesuaikan dan mengembangkan materi perkuliahan sesuai dengan IPTEK dan kebutuhan stakeholders | - Monitoring dan evaluasi bahan ajar | Rencana pembelajaran semester sesuai KKNI | sesuai dengan RPS | sesuai dengan RPS | sesuai dengan RPS | sesuai dengan RPS | sesuai dengan RPS | sesuai dengan RPS | ||||||||
- Menerima masukan dari stakeholders dalam bentuk penyebaran kuesioner yang dilakukan setiap tahun. | Kuesioner | 80% tingkat ke-puasan | 85% tingkat ke-puasan | 85% tingkat ke-puasan | 90% tingkat ke-puasan | 90% tingkat ke-puasan | 95% tingkat ke-puasan | ||||||||||
- Pertemuan berkala dengan para alumni dan stakeholders untuk menerima masukan darialumni dalam evaluasi dan penyusunan kurikulum. | Berita acara pertemuan berkala pembahasan masukan untuk kurikulum. |
1x per tahun |
1x per tahun |
1x per tahun | 1x per tahun | 1x per tahun | 1x per tahun | ||||||||||
- Benchmark pada Fakultas/Program Studi yang memiliki visi dan misi terkait holistic caring. | Tinjauan Kurikulum | - | - | 1 x | - | - | 1x | ||||||||||
Tujuan 5: Mengoptimalkan proses belajar mengajar dan kinerja dosen.
Sasaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||||||||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||||||||||
5. Proses perkuliahan dan kinerja dosen | - Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar | - Meng-up-grade bahan ajar elektronik bagi setiap dosen dan mengunggah bahan ajar tersebut ke dalam situs e-learning USU. | Persentase bahan ajar yang sudah di upload ke situs e-learning USU (%) | 80% | 85% | 90% | 95% | 100% | 100 % | ||||||||
- Melengkapi sarana dan prasarana yang terkait dengan proses pembelajaran | - Melengkapi peralatan perkuliahan (Laptop, LCD proyektor, white board, AC, kipas angin, dan jaringan WIFI) yang menunjang proses pembelajaran | Laptop, LCD proyektor, white board, AC, kipas angin dan jaringan WIFI | 90% | 95% | 100% | 100% | 100% | 100% | |||||||||
- Monitoring dan evaluasi(Monev) perkuliahan | - Monitoring dan evaluasi perkuliahan setiap akhir semester | Kesesuaian kehadiran dosen dengan jadwal | 80% | 85% | 90% | 95% | 100% | 100% | |||||||||
- Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa melalui kuesioner pada setiap akhir semester (selesai ujian matakuliah dosen bersangkutan. | Kuesioner mengukur persentase tingkat kepuasan | 75% | 80% | 85% | 90% | 95% | 100% | ||||||||||
- Penyelenggaraan MDE, PAQ dan OSCE secara terjadwal. - Pemberian nilai oleh dosen dan entri nilai dari petugas secara tepat waktu ke pangkalan data SIA (Sistem Informasi Akademik). - Melakukan evaluasi hasil studi pada tiap akhir semester oleh petugas |
Sesuai jadwal Sesuai jadwal Sesuai jadwal |
100% 100% 100% |
100% 100% 100% |
100% 100% 100% |
100% 100% 100% |
100% 100% 100% |
100% 100% 100% |
||||||||||
Tujuan 6: Tersedianya sumberdaya manusia dosen yang memiliki kompetensi dibidang Tridharma Perguruan Tinggi.
Sasaran | Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||||||||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||||||||||
6. Sumber Daya Manusia (SDM) | - Meningkatkan dan mengembangkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan secara berkala dan berkesinambungan | - Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade pengetahuannya melalui keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah terkait holistic caring dan keorganisasian profesi. |
-Kehadiran dosen tamu/ahli/ praktisi -Mengutus dosen untuk ikut serta dalam seminar ilmiah dan pelatihan-pelatihan. |
6x per tahun 80% dari total dosen |
7x per tahun 85% dari total dosen |
8x per tahun 90% dari total dosen |
9x per tahun 95% dari total dosen |
10x per tahun 100% dari total dosen |
10x per tahun 100% dari total dosen |
||||||||
- Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade kemampuan bahasa Inggris | Ketersediaan anggaran | 100% | 100% | 100% | 100% | 100% |
100% |
||||||||||
Sasaran |
Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
- Memfasilitasi dosen dalam kegiatan penelitian baik berskala nasional maupun penelitian internal universitas serta penelitian mandiri dalam konteksholistic caring dan sesuai dengan road map penelitian | Pembiayaan dan mengikut-sertakan dosen dalam pelatihan | 90% | 95% | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
- Memfasilitasi dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteksholistic caring | Pembiayaan dan mengikut-sertakan dosen dalam pelatihan | 90% | 95% | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
- Meningkatkan jumlah publikasi dosen di jurnal terakreditasi nasional dan internasional | Jumlah publikasi per tahun | 8 | 12 | 16 | 20 | 24 | 28 | ||
- Memberikan pelatihan kepada tenaga kependidikan tentang sistem informasi akademik, kearsipan, dll. | Pelatihan per tahun | 2x | 2x | 3x | 3x | 4x | 4x | ||
- Mengadakan joint research dengan dosen di universitas bereputasi di luar negeri. | Jumlah kegiatan penelitian | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | ||
- Mengadakan joint conference dengan fakultas keperawatan di universitas bereputasi di luar negeri. | Jumlah kegiatan | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | ||
- Mengadakan lecturer exchange dengan fakultas keperawatan di universitas bereputasi di luar negeri. | Jumlah dosen per tahun | 0 | 4 | 4 | 6 | 6 | 6 |
Tujuan 7: Terselenggarannya sistem penjaminan mutu internal fakultas yang efektif, efisien dan akuntabel sesuai dengan standard mutu pengelolaan pendidikan yang diakui secara nasional.
Sasaran |
Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
7. Sistempenjaminan mutu internal |
- Membuat pangkalan data akademik - Mengkompilasi dan meng-up-date dokumen pendukung untuk pengisian borang akreditasi. |
- Membuat manual prosedur segala aktivitas manajemen yang dilaksanakan | Persentase total manual prosedur | 70% | 80% | 100% | 100% | 100% | 100% |
Tujuan 8: Meningkatkan akuntabilitas tata kelola sistem pembiayaan
Sasaran |
Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
8. Sistem pembiayaan | - Meningkatkan kualitas pembiayaan melalui efisiensi, transparansi dan akuntabilitas anggaran | - Penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan dan dilaporkan secara berkala dan akuntabel. | Persentase penggunaan anggaran sesuai perencanaan | 80% | 85% | 90% | 95% | 1 100% | 100% |
Tujuan 9: Meningkakan jumlah kerjasama (MOU) dengan institusi keperawatan bereputasi internasional.
Sasaran |
Strategi | Kegiatan | Indikator | Target | |||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | ||||
9. Peningkatan Kerjasama (MoU) | - Penambahan jumlah MoU dengan institusi keperawatan bereputasi internasional. | - Melakukan MoU dengan institusi keperawatan bereputasi internasional. | Jumlah MoU per tahun | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |