Sejarah

Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara dibentuk pada tangal 23 Juni 2009 dengan diterbitkannya surat keputusan rektor USU nomor 1221/H5.1 R/SK/SDM/2009. Pembentukan Fakultas Keperawatan USU mempunyai sejarah yang cukup panjang dan melibatkan banyak pihak. Jika dihitung dari sejak dikeluarkannya izin pembukaan Program Studi Ilmu Keperawatan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 7 Januari 1999 sampai terbentuknya fakultas, waktu yang dibutuhkan adalah 10 tahun. Namun jika periode merintis yang pertama juga diperhitungkan maka waktu yang dibutuhkan adalah 18 tahun (1991-2009).

Periode merintis pertama adalah dimulai sejak adanya pertemuan antara Consortium Health Sciences (CHS) dengan para dekan fakultas kedokteran seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia di Cisarua tanggal 2-4 Agustus 1991. Dari Pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan yang memberi kepercayaan kepada Fakultas Kedokteran USU untuk dapat menyelenggarakan pendidikan keperawatan sebagai bagian dari pendidikan tinggi di universitas. Hasil kesepakatan ini menempatkan USU sebagai bagian dari proses profesionalisasi keperawatan di Indonesia melalui transformasi pola pendidiakan keperawatan yang semulahospital basedmenjadiuniversity based. Pada periode ini, Prof. Helena Siregar, Prof. Yasmeini, dr. T. Bahri Anwar, dr. Darwin Dalimunthe dan dr. Asmui Yosodiningrat adalah tim yang berdasarkan SK Rektor nomor 1214/PT05.H/SK/C.1991 terlibat dalam mempersiapkan pendidikan tinggi keperawatan di USU, khususnya pembukaan PS Ilmu Keperawatan di FK USU.

Perjalanan dan perkembangan pendidikan keperawatan di USU terus berlanjut. Semasa Pof. dr. M. Jusuf Hanafiah menjabat sebagai Rektor USU dan Prof. dr. Bachtiar Agus Salim, SH menjabat sebagai Pembantu Rektor I dikeluarkan dua SK Rektor berturut-turut nomor 1327/PT05.H/SK/C.94 dan 1328/PT05.H/SK/C.94 yang menjadi dasar pembukaan PS D3 Keperawatan FK USU dan PS (S1) Ilmu Keperawatan. Selain Prof. dr. Aslim Sihotang dan dr. Darwin Dalimunthe, Ph.D yang saat itu menjabat sebagai Dekan dan Pembantu Dekan 1 FK USU, mereka yang terlibat dalam perkembangan pendidikan keperawatan di USU adalah Prof. dr. Yasmeini Yazir, dr. Aman Nasution, MPH, dr. Hophoptua Siahaan, dr. Guslihan Dasa Tjipta, DSAK, dr. T.M. Hanafiah, DSOG, dr. Sofyan Lubis, DMM, dr. Makmur Husaini, DTM&H dan dr. Munar Lubis, DSA.

Belum adanya staff pengajar Ilmu Keperawatan yang berlatar belakang pendidikan minimal Sarjana Keperawatan (S.Kp) menyebabkan Ilmu Keperawatan pada saat itu hanya dapat berjalan dua semester. Sementara PS D3 Keperawatan dapat terus berlanjut dengan memanfaatkan Sarjana Keperawatan dari luar USU sebagai dosen luar biasa. Berturut-turut Ketua dan Sekretaris PS D3 Keperawatan USU hingga saat ini adalah dr. Ramlis Bey Alimin dan dr. Afif Siregar, Sp.A (1994-1996), dr. Ridwan Harahap dan dr. Afif Siregar, Sp.A (1996-2002), dr. Ridwan Harahap dan Evi Karota Bukit, S.Kp (2003-2006), dr. Halomoan Hutagalung dan Rika Endah Nurhidayah, S.Kp (2006-2008), dr. Halomoan Hutagalung dan Nurafi Darti, S.Kp (2008-2009 ), Nurafi Darti, S.Kp, M.Kep, dan Mula Tarigan, S.Kp, M.Kes (2010-sekarang).

Pada masa berikutnya, karena mendesaknya tuntutan pengadaan kebutuhan tenaga dosen untuk PS D3 Keperawatan, Fakultas Kedokteran USU membuka PS D4 Perawat Pendidik. SK Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan RI nomor 397/Dikti/KEP/1997 tentang pembukaan PS ini dikeluarkan pada tanggal 3 oktober 1997. Mulai TA 2003/2004 PS ini membuka kelas Bidan Pendidik yang mahasiswanya berasal dari lulusan PS D3 Kebidanan. Pejabat Ketua dan Sekretaris PS mulai 1997 sampai dengan tahun 1999 adalah dr. T.M. Hanafiah, SpOG dan dr. Murniati Manik, Sp.KK, M.Sc . Sementara Sekretaris PS berganti mulai dari Erniyati, S.Kp (1999-2000), Jenny Marlindawati Purba, S.Kp (2000-2002), Siti Zahara Nasution, S.Kp (2003-2004) dan terakhir Nur Asiah S.Kep, Ns. Selain karena peminat semakin sedikit, pemberlakuan UU sisdiknas tahun 2003 tentang kualifikasi dosen minimal berlatar pendidikan S2 juga menyebabkan penerimaan mahasiswa baru untuk Perawat Pendidik dihentikan mulai semester ganjil TA 2005/2006.

Periode merintis kedua pendidikan tinggi Keperawatan di USU dimulai lagi dengan dikeluarkannya izin pembukaan Program Studi Ilmu Keperawatan di Fakultas Kedokteran USU berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 116/Dikti/ Kep/1999 tertanggal 7 April 1999. Tindak lanjut dari izin tersebut, selama 3 hari mulai tanggal 8-10 Maret 1999 dilaksanakan Lokakarya Persiapan Pembukaan Program Pendidikan Ners di Ruang Seminar Fakultas Kedokteran USU.

Prof. Chairuddin Lubis, Sp.A(K) Rektor Universitas Sumatera Utara dan Prof. Sutomo Kasiman, dekan Fakultas Kedokteran pada periode tersebut memfasilitasi lokakarya ini sehingga dapat terselenggara baik dengan melibatkan banyak pihak, tidak saja Sarjana Keperawatan dan pejabat dari Internal FK USU, tetapi termasuk juga para Sarjana Keperawatan yang bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta di luar USU, para pejabat dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan perwakilan organisasi profesi perawat (PPNI).

Mereka adalah Ibu Roswitha Sitompul, S.Kp, dan Bapak Ahmad Sobari, S.Kp dari RS HAM Medan: Bapak Syarif Zen Yahya, S.Kp dari Poltekkes Medan dan Bapak Jandes Saragih, S.Kp dari SPK Tebing Tinggi. Ibu Dewi Elizadiani Suza, S.Kp, dan Ibu Jenny MP, S.Kp yang saat itu masih belum menjadi staff tetap USU juga ikut terlibat. Sementara perwakilan dari Dinkes PROPSU dan PPNI SUMUT adalah Bapak dr. Sitompul dan Bapak Paul Sirait, SKM. Dari FK USU sendiri mereka yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan lokakrya ini , selain Erniyati S.Kp dan Setiawan S.Kp dosen tetap Ilmu Keperawatan yang telah dimiliki FK saat itu, adalah Bapak dr. A. Hakim Sulaiman, dr. Chairul Yoel Sp.A dan dr. TM. Hanafiah, Sp.OG.

Mulai semester ganjil TA 1999/2000 seleksi peneriman mahasiswa baru PS (S1) Ilmu Keperawatan FK USU dimulai kembali. Seleksi mahasiswa baru kelas reguler dilakukan sama dengan PS S1 di USU lainnya, yaitu melalui SPMB dan PMDK. Sementara untuk kelas ekstensi melalui seleksi lokal USU. Mereka yang pernah menjabat sebagai ketua dan sekretaris PS Ilmu Keperawatan adalah dr. TM. Hanafiah dan Setiawan S.Kp, MNS pada periode 1999-2003, Setiawan S.Kp, MNS dan Erniyati S.Kp, MNS periode 2003-2005 dan terakhir Erniyati S.Kp, MNS dan Evi Karota Bukit, S.KP, MNS mulai 2005-2009.

Dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang dimiliki PS D3 Keperawatan, PS Ilmu Keperawatan dan PS D4 Perawat/Bidan Pendidik untuk menjadi fakultas yang mandiri, sejak tahun 2003 pengelolan PS tersebut disatukan dibawah Departemen Ilmu Keperawatan. Pejabat Ketua dan Sekretaris Departemen Ilmu Keperawatan sejak awal sampai dengan perubahan status menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan adalah Prof. Haryono Roeshadi, Sp.OG(K) dan dr. TM. Hanafiah, Sp.OG untuk periode 2003-2005, dr. TM. Hanafiah, Sp.OG dan dr. Hillaluddin Sembiring, Sp.PD periode 2005-2006, dr. Gontar Alamsyah Siregar, SpPD-KEGH dan Hillaluddin Sembiring, Sp.PD periode 2006-2007, dan terakhir Prof. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A(K) dan dr. Hillaluddin Sembiring Sp.PD, DTM&H periode 2008-2009.PS Ilmu Keperawatan bersama 2 PS lainnya, yaitu PS D3 dan PS D4 Perawat/Bidan Pendidik resmi menjadi Fakultas yang ke-13 di USU