Peran Perawat dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan Berbasis Pelatihan Excellent Sevices di RS Pendidikan Universitas Sumatera Utara Medan.

Pengabdian kepada Masyarakat oleh: Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Nama Kegiatan: Penguatan Peran Perawat dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan Berbasis Pelatihan Excellent Sevices di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sumatera Utara Medan.

Pelaksana:

  1. Roymond H. Simamora (Compartemen Keperawatan Dasar)
  2. Evi Carota Bukit (Compartemen Keperawatan Komunitas)
  3. Jenni Marlindawani Purba (Compartemen Keperawatan Jiwa)
  4. Nurbaiti (Compartemen Keperawatan Dasar)

Tanggal Pelaksanaan: 25 Mei 2018

Tempat     Ruang Skill Lab (Lt 4) RSU Universitas Sumatera Utara

Peserta:

  1. Kepala Seksi Layanan Keperawatan RS Universitas Sumatera Utara
  2. Komite Keperawatan RS Universitas Sumatera Utara
  3. Kepala Ruangan di lingkungan RS Universitas Sumatera Utara
  4. Ketua Tim di Lingkungan Pelayanan Keperawatan RS Sumatera Utara
  5. Diklat, Litbang Kerja Sama RS Universitas Sumatera Utara

Ringkasan Kegiatan:

Salah satu tugas utama Perawat adalah memberikan pelayanan terbaik atau prima kepada masyarakat. Pelayanan prima pada dasarnya merupakan aktivitas yang bertujuan untuk membantu  masyarakat dan dilakukan dengan cara terbaik sehingga hasilnya lebih dari yang diharapkan. Kenyataan menunjukkan bahwa masyarakat memandang pelayanan keperawatan, sangat mengecewakan. Reaksi negatif masyarakat terhadap rendahnya kualitas pelayanan keperawatan tersebut, antara lain diungkapkan dengan ungkapan sinis, seperti ”perawatnya judes, lamban, kurang peka” dan berbagai ungkapan lain yang senada. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat, telah membuka akses informasi hampir merata ke seluruh pelosok dunia. Sejalan dengan itu, masyarakat yang makin melek informasi makin kritis terhadap kinerja para abdi masyarakat. Anggota masyarakat tidak jarang makin lantang menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap kinerja pelayan yang menyangkut pelayanan kepentingan orang banyak. Upaya keperawatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan itu seringkali terkendala oleh lemahnya kompetensi sumber daya manusia (SDM) keperawatan. Itu sebabnya diperlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM itu dalam memberikan pelayanan secara prima. Upaya ini dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, baik formal maupun informal. Pendekatan formal tentunya melalui proses pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan melalui Diklat. Sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada adalah dengan melaksanakan langkah solusi Pemecahan masalah, dosen fakultas keperawatan memberikan kontribusinya yang di kemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat, mengambil judul: Penguatan Peran Perawat dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan Berbasis Pelatihan Excellent Sevices di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sumatera Utara Medan.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2018, bertempat di Ruang Skill Lab RS Universitas Sumatera Utara, untuk menjangkau keikutsertaan perawat yang ada, dengan pemilihan metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, kegiatan ini di pandu oleh: Ns. Roymond H. Simamora. M.Kep, adapun Materi pertama adalah Konsep dasar Pelayanan Prima dalam Keperawatan yang disampaikan Oleh: Ns. Nurbaiti. S.Kep. M.Biomed. dilanjutkan dengan Materi yang kedua yaitu: Interprofesional  Colaboration in Care, yang dibawakan oleh ibu Evi Karota Bukit. S.Kp. MNS. Materi yang ke 3 adalah: Choaching dalam Layanan Keperawatan yang disampaikan Oleh  ibu Jenni Marlindawani. S.Kp.MNS.,Ph.D. Kegiatan ini diharapkan dapat meberikan kontribusi yang luas kepada mitra (RS pendidikan USU), yaitu: diperoleh sikap Asertif perawat dalam pemberian layanan Keperawatan. Peningkatan kepuasan kerja perawat, sehingga diperoleh Peningkatan respon Positif pelanggan terhadap layanan asuhan keperawatan, yang memberikan dampak terhadap Peningkatan  jumlah Pelanggan RS pendidikan USU. Sehingga keperawatan mampu  Mendemonstrasikan Performa perawat Indonesia dalam pemberian layanan asuhan keperawatan berkualitas sesuai dengan kapasitas profesionalisme yang dimilikinya, dalam berbagai situasi dan kondisi, sehingga dapat menjadi the right person with the right skill in the right job at the right place, dalam pencapaian tujuan layanan asuhan kesehatan.

Photo-Photo Kegiatan:

 1                                                 Gambar 1: Team Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat

                                                       

 2                                                    Gambar 2. Peserta Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

 3                                                   Gambar 3. Penyampaian Materi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

                                                    

 4                                                    Gambar 4. Penyampaian Materi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

                                                      

 5                                                                     Gambar 5. Penyampaian Materi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat