logo fkep

             

portal akademik PORTAL
AKADEMIK
usu mail USU
MAIL

Sepintas Pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi Ners

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi, khususnya bidang profesi Keperawatan, Pemerintah melalui  (Health Professional Education Quality Project GIPEQ Project) bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) telah melakukan kegiatan Try Out Uji Kompetensi Ners Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 26 November 2011 silam.

Kegiatan Try Out ini serentak diberbagai centre CBT di beberapa Universitas di Indonesia. Antara lain untuk wilayah Sumatera; Unsyiah, USU, dan Unand,  wilayah Jawa dan Bali; mulai dari Unpad, UI, Yarsi, UGM, Unibraw, Undip, Unud, ditambah dengan Unhas untuk wilayah Indonesia Timur.

Sebagai salah satu contoh, yaitu pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi Ners di CBT Centre Universitas Diponegoro Semarang. Bertindak sebagai pengawas pusat adalah Ikhsanuddin Ahmada Harahap, S.Kp. MNS. dari  Fakultas Keperawatan USU Medan didampingi seorang IT Pusat yaitu sdr. Angky Yusdhawanto dari Divisi Infrastruktur & Informasi UPT. DCISTEM Universitas Padjajaran. Try Out Uji Kompetensi diikuti oleh 70 orang peserta yang bersaal dari 4 intitusi keperawatan di wilayah semarang.

Beberapa liputan tahapan kegiatan Try out Uji Kompetensi di CBT centre FK Undip Semarang antara lain:

1.    Tanggal 25 November 2011
       1.1.     Pukul 10.00 WIB
        Kegiatan pada 1 hari menjelang pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi Ners Indonesia adalah Briefing. Briefing di pimpin oleh pengawas pusat didampingi oleh pengawas lokal. Pada briefing ini, peserta diperkenalkan dengan sisitem ujian serta beberapa ketentuan dan peraturan yang berlaku selama ujian berlangsung.

Peserta juga di perkenalkan dengan lokasi ujian serta fasilitas pendukung seperti ruang penampungan (karantina)

        1.2.    Pukul 14.00 WIB
       Kegiatan selanjutnya adalah pengecekan fasilitas komputer yang akan di pakai untuk Try Out. Pengawas pusat dan IT pusat selanjutnya melakukan pengecekan komputer antara lain, updating terakhir anti virus, memastikan program Shadow defender telah aktif, penyegelan USB Post, dll. Selanjutnya penyerahan Hardisk Demo dari pengawas pusat ke IT pusat dan kemudian kepada IT lokal lalu proses instalasi pada komputer server.

2.    Tanggal 26 November 2011
       2.1.    Pukul 07.00 WIB
       Pukul  07.00 WIB, semua peserta Try Out sudah berkumpul di ruang karantina dan selajutnya dilakukan briefing ulang oleh pengawas pusat

      2.2.    Pukul 07.15
      Dilakukan pembukaan Tas Hardisk Soal, pembukaan Hardisk Soal disaksikan pengawas lokal, IT lokal, Koordinator CBT,dan 2 orang peserta Try Out. Dan selanjutnya mengisi berita acara.
      2.3.    Pukul 07.30 WIB
      Dilakukan intalasi hardisk soal oleh IT lokal diawasi oleh IT Pusat
      2.4.    Pukul 07.45 WIB
      Peserta memasuki ruang ujian dan selanjutnya diberikan kesempatan untuk Logging I untuk mengisi soal versi Demo. Pada kesempatan ini, peserta dapat melatih dan membiasakan dengan sistem kerja komputer serta fitur-fitur didalamnya.

      2.5.    Pukul 08.00 WIB
      Ujian berlangsung, dimana peserta kemudian melakukan Logging II dan selanjutnya mengisi pernyataan dan mengerjakan soal. Try Out ini berlangsung 180 menit yang dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.
      2.6.    Pukul 11.00 WIB
      Ujian selanjutnya resmi ditutup, dan peserta dapat meninggal ruang ujian, selnjutnya pengawas pusat dan IT pusat kembali mengambil Hardisk Soal dan kemudian dilakuakn penyegelan. Selanjutnya semua berkas diiisi dan dimasukkan kedalam tas beserta hardisk soal dan kembali lagi disegel.

Pada kegiatan selanjutnya, soal beserta berkas dibawa oleh pengawas pusat kembali ke Jakarta dan langsung diserahkan ke panitia Pusat HPEQ.

 Demikianlah sepintas tahapan pelaksanaan Try Out Uji Kompetensi Ners Indonesia di UNDIP Semarang. Semoga dengan pemaparan ini, dapat memberikan gambaran kepada rekan-rekan atau sejawat baru yagn dalam waktu dekat ini (diperkirakan pada tahun 2012) akan mengikuti Uji Kompetensi Ners Indonesia.